Friday, November 19, 2010

daily routine ; rutinitas ; gaya hidup

judul kali ini mau membahas hasil dari pengamatan gue sepanjang perjalanan jakarta-jogja atau jogja-jakarta.

daily routine. apa arti sebenarnya? daily routine kalau kita terjemahkan ke bahasa indonesia, "daily" itu artinya "harian" dan "routine" artinya "rutinitas". berarti kalau digabungkan adalah rutinitas harian! yah, sekarang siapa di seluruh penjuru dunia yang nggak punya rutinitas harian, sekecil apapun kegiatannya kalau dilakukan tiap hari ya pasti jadi rutinitas harian kan?
contohnya aja nenek gue,

bangun-mandi-makan-tiduran di kursi televisi-makan siang-tidur siang-mandi
-tiduran lagi depan kursi televisi-cek sama dokter-makan malam-tiduran depan kursi televisi
-dan berakhir dengan........ tidur malam.

setiap hari dia cuma gitu aja, paling yah diselingi tiap bulan dengan ambil pensiun, arisan, kadang tiap tahun ada piknik. tapi ya untuk secara total dihabiskan dengan begitu aja. rutinitas yang dilakukan setiap hari ini kalau buat kita yang terhitung masih muda pasti membosankan, iya nggak?

rutinitas yang diatas mungkin kita lakukan saat kita sudah nggak bisa lagi melakukan kegiatan yang lebih aktif dari biasanya karena ya umur semakin bertambah dan tenaga yang kita miliki semakin berkurang. kalau dulu kita bisa melakukan semua hal dengan mudah, pergi kesana dan kemari, tetapi saat sudah berumur, apa yang bisa kita lakukan? coba deh bayangkan, pas kita tua nanti yang biasanya dulu kita sibuk, lalu kita terbatasi dengan keadaan tubuh kita.

buat gue pribadi, jujur, gue akan merasa super bosan kalau saja gue akan berakhir seperti itu kegiatannya. melihat dari lingkungan sekitar, selama perjalanan yang gue bilang dari awal tulisan, gue melihat banyak orang tua yang masih mampu melakukan semua halnya sendiri, walaupun umur mereka yah kalau boleh dibilang sudah cukup tua, tapi kemampuan yang mereka miliki lebih! kemampuan lebih ini kalau ditinjau lebih lanjut mengarah pada gaya hidup yang mingkin dulu mereka miliki dan mereka jaga dengan baik. untuk contoh gampangnya aja nggak merokok, minum beralkohol, makan yang sehat, dan rajin berolahraga. semua kegiatan itu yang kalau boleh gue bilang sebagai "rutinitas sehat" ini seharusnya mulai disadari. kenapa begitu? karena dari rutinitas sehat inilah yang kita mulai sejak dini dapat memberikan efek jangka panjang saat kita tua nanti.

dari tulisan panjang yang bertele-tele ini sebenarnya gue mau bilang, pilihan gaya hidup yang kita pilih sejak dini, mempengaruhi gaya hidup yang kita lakukan saat ini juga. jika keduanya menghasilkan hal yang baik maka akan memberikan keuntungan saat kita tua nanti.
"ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. air putih kalau berlebihan juga tidak baik kan? bisa kembung :)"


No comments: