Thursday, November 25, 2010

iklan, cara memberi sugesti paling ampuh

setelah menimbang dan memilah dari beberapa orang tentang ide blog, kemarin muncul 3 ide, yaitu iklan, sinetron, dan tentang inisiasi. namun, hasrat pribadi mengatakan ingin menulis tentang iklan! so, here we go!

oke pertama, kita mulai dari sugesti, menurut kalian sugesti apa yang paling ampuh? kalo gue liat ya ada beberapa cara orang mendapatkan sugesti, misalnya dari saran orang. saran orang ini berupa kalimat-kalimat yang mempengaruhi lo sebagai pribadi, contohnya aja orang ini

siapa coba yang gak kenal sama orang yang satu ini? mario teguh yang terkenal dengan semua yang "SUPER". setiap ada yang nanya dikatain super, baru masuk udah ngomong super, tetapi dia juga mempunyai kata-kata yang super buat semua orang yang hadir di tempat itu. dia memiliki kemampuan untuk membuat kata-kata yang bisa membuat orang percaya dengan semua itu dan yakin, hebat kan? SUPER DEH OM!

selain kata-kata dari orang, ada satu hal yang memberi sugesti paling ampuh ke orang, yaitu adalah...... IKLAN! yak yang satu ini selalu mendominasi setiap acara yang ada di televisi, durasi iklan sama acara yang lagi berlangsung bisa lamaan iklan, soalnya iklannya kebanyakan -____-
kita liat lagi yah, kalo misalnya kita nonton pertandingan bulu tangkis, di sela-sela pertandingan kan ada istirahat, waktu istirahat itu diisi sama iklan dan pertandingan udah mulai, iklannya masih jalan, padahal pertandingan skornya udah nambah.

tapi apa yang bikin ini jadi sugesti paling baik? iklan itu pasti diulang-ulang untuk berkali-kali, terutama adalah makanan. kalau hari minggu coba lihat iklan yang ada, rata-rata adalah iklan makanan kecil untuk anak-anak. iklan dibuat semenarik mungkin untuk membuat angka penjualan barang tersebut semakin sukses. berikut contoh-contoh iklan yang sedang in

1.




siapa yang gak kenal dengan makanan yang satu ini? ya es krim magnum! sekarang es krim yang satu ini sedang mewabah di kalangan masyarakat. pertama, diawali dengan iklan yang cukup sukses membuat banyak orang menjadi tertarik untuk membeli. digambarkan bahwa es krim ini menunjukan kemewahan saat menikmatinya dan yang terutama adalah akting dari pemainnya itu sendiri. dia membuat es krim magnum ini terlihat sangat enak! jujur gue waktu liat juga jadi mau karena benar-benar terlihat enak. tapi selain itu juga dengan frekuensi cukup banyak muncul di televisi. selain itu di jakarta diadakan sebuah pesta untuk menyambut kedatangan es krim magnum dengan rasa-rasa terbaru. namun, kalau dilihat lagi apakah es krim ini memang baru muncul di indonesia? nggak kan, kalo diliat es krim ini sudah lama ada di indonesia dan untuk soal rasa sebenarnya masih sama saja, tetapi ditambah satu rasa baru. namun, lagi-lagi dengan frekuensi iklan yang cukup sering ditambah dengan akting dari pemainnya yang cukup sukses telah menanamkan sugesti kepada orang-orang untuk membelinya.

2.


terlalu kecil ya gambarnya? oke ini adalah iklan susu hilo school. susu hilo sendiri adalah susu yang memiliki tagline " tumbuh tuh ke atas, nggak ke samping." iklan-iklan yang sebelumnya cukup membuat sugesti ke orang terutama kaum remaja untuk mulai meminumnya, karena digambarkan seorang wanita yang kurus lebih lincah dan cepat dalam berbelanja sepatu daripada wanita berbadan lebih besar di sekitarnya. sekarang, siapa coba yang nggak mau badan kurus? jelas saja penjualan susu ini di kalangan remaja cukup banyak diminati (termasuk gue haha). untuk kali ini sasaran yang diberi sugesti adalah orang tua, hilo school iklannya digambarkan dengan seorang anak berbadan besar yang terlihat lucu tapi dengan badannya yang besar seorang ibu-ibu berkata, "anak gemuk memang lucu. tapi kalau kecilnya gemuk, gedenya gampang gemuk juga." disini memang bagi orang tua mereka mengerti, tapi coba anak gemuk yang melihat pasti mereka akan merasa minder dengan dirinya dan lagi-lagi memungkinkan untuk membeli susu ini agar terlihat lebih kurus.

3. bertubuh langsing
ya, iklan juga membuat sugesti ke masyarakat bahwa badan yang bagus adalah badan yang langsing. memang di beberapa iklan ada yang menggunakan orang-orang yang berbadan tidak langsing. namun, coba kita lihat rata-rata iklan yang ada, modelnya langsing nggak? jelas saja iya, walaupun memang benar maksud yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat yang menonton agar lebih enak dilihat dan angka penjualan mereka yang semakin meningkat. sadar atau tidak sadar model-model iklan yang bertubuh langsing ini membuat orang-orang bersugesti bahwa badan yang bagus adalah badan yang langsing, sehingga membuat beberapa orang menjadi tidak puas dengan keadaan yang sekarang.

dari keseluruhan tulisan memang maksud dari iklan adalah menanamkan sugesti bahwa barang yang mereka jual menarik sehingga dibeli orang banyak. tidak ada salahnya dari ke semua iklan yang sudah disebutkan maupun yang tidak. sekali lagi, secara sadar sebagai penonton televisi yang cerdas kita juga harus cerdas dalam mengkritisi isi iklan tersebut.

akhir kata, gue mau bilang salut buat semua orang yang bekerja di bidang periklanan, kalian sangat hebat dalam menanamkan sugesti ke orang banyak!

No comments: