Friday, January 28, 2011

pengandaian

saya termasuk orang yang suka mengandaikan semua hal, semua kegiatan bisa saja saya andaikan dengan berbagai contoh. mulai dari yang saya paling sering rasakanya dalam menulis, atau dalam hidup menghadapi masalah, dan masih banyak lagi hal lainnya. semua pengandaian ini maksud hati untuk lebih mudah memahami apa yang sebenarnya terjadi dalam hidup kita. namun, dalam pengandaian saya mungkin agak 'ngaco', tapi masih bisa dimasukkan (dengan paksa) ke pikiran kita.

pengandaian itu saya rasa sebaiknya dilakukan oleh semua orang. mengapa demikian? karena dalam hidup kita tidak selalu menemui jalan yang lurus, maka dari itu lah kita harus membuat pengandaian agar hidup kita tidak terlalu berat. dengan pengandaian banyak hal yang bisa kita dapatkan sebenarnya, positifnya kita akan merasa mendapat pencerahan dari hasil pikiran kita sendiri. negatifnya, kalau hasil pengandaian kita itu tidak masuk akal.

seharusnya setiap saya melakukan pengandaian, sebaiknya saya catat semuanya baik-baik, karena siapa tahu nanti saya bakalan punya acara kayak "golden ways" kayak punya si om mario kan.

salah satu hasil pengandaian saya yang paling apik adalah ini,

"menulis itu layaknya hasrat untuk buang air besar. saat hasrat itu muncul secara besar, tetapi saat kita berada diatas kloset, susah untuk dikeluarkan. sama saja seperti ide untuk menulis yang sudah sangat besar dan saat di depan laptop ide itu susah untuk dikeluarkan." - Nisa, Januari 2011

No comments: