Sunday, February 6, 2011

Mau dan Suka

Begini, ini sebenarnya hanya tulisan dari hasil menasehati kakak saya sendiri. Saat itu awalnya ini bisa terjadi ketika kakak saya mengalami kebuntuan dalam mengerjakan tulisan untuk lomba. Saat itu saya bertanya kenapa dan dia merasa tulisannya kurang maksimal. Saya kembali menanyakan kepada kakak saya sebenarnya tujuan dia mengikuti lomba ini apa, dia berpikir panjang dan ternyata dia sadar dia mengikuti lomba ini karena ingin menang. Ketika pikiran menang sudah tertanam di awal saat mau menulis, ide kreatif dan ide spontan akan sulit muncul. Memang tidak ada salahnya memiliki atau menanamkan keinginan menang dimulai dari awal menulis dalam lomba. Jadi, saya menasehati kakak saya demikian,
Kalau kamu mau menulis, jangan menulis karena mau menang.
Kamu harus nulis karena kamu memang mau menulis dan kamu suka
menulis.
Jadi, berangkat dari sinilah saya mulai mencerna kata-kata saya sendiri, yaitu mau dan suka. Kedua hal ini sebaiknya atau mungkin seharusnya kita terapkan dalam kehidupan kita sendiri, terutama dalam mengambil suatu pilihan, misalnya saja jurusan. Kalau memilih jurusan jangan karena ada teman atau alasan lainnya. Pahami jurusan itu, kamu mau masuk jurusan itu apa tidak? Kalau kamu sudah punya kemauan, pasti disaat menjalaninya, seiring dengan waktu kamu akan menyukainya.
Penjelasannya mungkin bisa seperti ini. Dalam kehidupan, kita dihadapkan dengan berbagai macam pilihan, mulai dari yang paling mudah sampai yang kompleks. Untuk menentukan suatu pilihan dalam menjalaninya, kita perlu berpikir tentu saja dan dalam berpikir inilah unsur mau serta suka harus dimasukkan. Pahamilah, jika kamu memiliki kemauan akan sesuatu, itu artinya kamu yakin dengan apa yang kamu mau, sehingga nantinya kamu akan menyukai apa yang telah dipilih oleh kemauan dirimu dan nantinya semua akan berjalan dengan baik.
SALAM!

No comments: