Tuesday, July 26, 2011

Bahasa (lagi)

IPB (Ilmu Pengetahuan Bahasa)

Yap, itu adalah jurusan kelas yang saya pilih pada tahun 2008, di mana saat itu telah dilakukan penjurusan saat saya kelas 11 di SMA. IPB, merupakan jurusan yang jarang dipilih orang, bisa dilihat dari jumlah murid yang memasuki kelas ini. Saya mungkin telah berkali-kali menceritakan mengenai kelas ini, memang untuk yang satu ini jika dibahas tidak akan ada habisnya. Saya begitu bangga akan kelas ini. Mengapa? Bagi saya selain kenyamanan, saya mendapatkan rasa kekeluargaan yang besar. Saya mendapatkan keluarga baru saat saya memasuki jurusan ini. Hal ini disebabkan karena kami yang memasuki jurusan ini, akan terhubung oleh angkatan-angkatan bahasa lainnya diatas kami, baik 1 tahun diatas kami, sampai ada yang 3 tahun diatas kami. Mereka menyambut kami dengan sangat baik, kami sudah dianggap menjadi bagian dari mereka, tanpa sungkan, tidak perlu memanggil nama sapaan seperti "kakak" untuk menunjukan sopan santun, walaupun beberapa dari kami melakukannya, itu bukan masalah. Kami pernah melakukan reuni cukup besar untuk jurusan bahasa, yaitu dari angkatan tahun 2006 sampai yang baru masuk pada tahun itu adalah angkatan 2009. Kami berkumpul bersama, memang tidak terlalu menyatu karena susunan serta bentuk acara yang kurang mengakrabkan kita, tetapi itu bukan masalah, kita tetap saling berusaha mengenal.

Hari ini kembali terjadi, kami jurusan bahasa berkumpul kembali, mulai dari angkatan saya, yaitu 2008 sampai yang baru saja masuk angkatan 2011. Awalnya saya hanya datang sendiri dan mengalami momen canggung di mana saya merasa sangat tua diantara anak-anak lainnya yang masih memakai seragam. Namun, atas bantuan dari angkatan bawah saya persis yang cukup dekat dengan saya, saya mulai agak mengenal sedikit mereka, ya sedikit. Setelah angkatan saya bertambah dua orang, saya semakin mengenal mereka dan semakin merasa senang dengan mereka. Saya senang dengan pertemuan yang selalu kita adakan setiap setahun sekali ini.

Hal menarik yang terjadi adalah mereka sangat antusias bertanya kepada kami yang sudah kuliah tentang kehidupan kuliah dan bagaimana kuliah itu. Disamping menggosip tentang guru yang memang tidak ada habisnya juga, itu SUPER! Oke hal menarik bagi saya adalah jurusan saya paling dipertanyakan dan paling jarang ditanyakan oleh mereka karena tidak ada yang tertarik. Disaat teman saya yang lain ditanya mengenai banyak hal tentang jurusan mereka, saya agak menganggur karena jurusan saya yang jarang dipilih oleh orang waras sepertinya hahaha, Oya, pertanyaan mereka, kenapa saya bisa suka antropologi? Itu sebenarnya pertanyaan yang paling susah saya jawab. Jika saya menjawab, karena saya suka kebudayaan Indonesia, itu terlalu klise. Jadi jawaban saya mungkin mudah saja, karena saya mencintai bidang tersebut. Lebih klise kan dari yang sebelumnya? Tapi percayalah, semua hal yang berasal dari hati dan dari niat atau kecintaan akan sesuatu hal, pasti kalian seterusnya akan mudah dalam menjalaninya. Dalam hal ini saya menerapkan dalam memilih jurusan, bahasa dan antropologi adalah dua hal yang saya pilih menggunakan hati.

Di posting sebelumnya saya mungkin sudah pernah mengatakan tentang keyakinan untuk menjalankan sesuatu, terutama dalam jurusan tidak populer seperti yang saya pilih. Lihat dimana kecintaan kalian berada, yakinilah dan kalian akan mudah dalam perjalanannya.
Terima kasih kepada anak bahasa yang berkumpul hari ini dan yang tidak berkumpul tetapi masih menjadi bagian dari anak bahasa, semoga kita tetap seperti ini sampai kapan pun.

No comments: